Website SDN 1 Sidorejo

Halaman

Kontak

    Layanan Lain

    • Cek Absen Online
    • Kemdikbud
    • Sertifikasi Guru
    • BSE
    • Rumah Belajar

    Statistik Pengunjung

    Total Pengunjung :
    IP address anda : 3.238.174.191

    Puncak Gempita P5 di SDN 1 Sidorejo

    Kegiatan Sekolah - 06 Juni 2023

    Dokumentasi siswa-siswa SDN 1 Sidorejo

    Pangkalan Bun - Salah satu wujud dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hal ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

    Apa Itu P5 dalam Kurikulum Merdeka?

    P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

    Projek ini diselenggarakan melalui penanaman karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Sebagaimana dijelaskan melalui artikel Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), P5 mengandung upaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul serta produktif.

    Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:

    1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
    2. Berkebinekaan global.
    3. Bergotong-royong.
    4. Mandiri.
    5. Bernalar kritis.
    6. Kreatif. 

    Tema Projek yang di usung kali ini adalah Bhineka Tunggal Ika. Melalui tema tersebut kepala sekolah , guru beserta siswa/i mengenakan pakaian adat daerah dari berbagai penjuru nusantara. Tujuan dari kegiatan ini yaitu siswa/i mengenal adat dan budaya dari berbagai daerah yang belum pernah mereka ketahui. Disisi lain kegiatan ini juga memupuk jiwa gotong royong antar guru, siswa/i dan juga wali murd. Terlihat dari antusias kepala sekolah ,guru dan siswa/i yang begitu bersemangat mengikuti kegiatan yang pertama kali di laksanakan di SDN 1 Sidorejo.Tak hanya itu, dukungan dari para wali murid dari kelas 1 sampai 5 pun sangat luar biasa untuk mensukseskan kegiatan P5 ini. 

    Selain diadakannya lomba Fashion show menggunakan baju adat dan menyanyi lagu daerah , banyak siswa/i yang menampilkan bakat dengan menari, bermain permainan tradisional , membaca puisi , dan pertunjukan drama yang bertemakan cerita rakyat. Ada pula stand yang menyajikan makanan khas tradisional dari sabang sampai merauke. Stand ini dikelola oleh FKOG dari masing- masing kelas.

    Pada akhirnya, kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan menyenangkan. "Kegiatan positif seperti ini alangkah baiknya diadakan lagi setiap tahunnya" ujar salah satu walimurid. 

     

     note : Foto kegiatan Gempita P5 Siratu tersedia di galeri 

    Baca Juga

    0 Komentar

    Belum ada komentar

    Kirim Komentar

    Nama Anda

    Kota

    Email

    Komentar