Website SDN 1 Sidorejo

Halaman

Kontak

    Layanan Lain

    • Cek Absen Online
    • Kemdikbud
    • Sertifikasi Guru
    • BSE
    • Rumah Belajar

    Statistik Pengunjung

    Total Pengunjung :
    IP address anda : 3.219.31.204

    Ulangan Umum Semester 2 Online

    Kegiatan Sekolah - 05 Juni 2013

    Ada yang berbeda dengan pelaksanaan ulangan umum semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Kalau tahun-tahun sebelumnya ulangan umum dilaksanakan dengan cara konvensional, kali ini SD Negeri-1 mencoba hal baru, yaitu dengan sistem online. Ada beberapa pertimbangan, kenapa SD Negeri -1 harus melaksanakan ulangan secara online :

    1. Sarana prasara penunjang yang ada di SD Negeri-1 Sidorejo sangat memadai untuk pelaksanaan ulangan online, sehingga mubajir bila tidak dimanfaatkan secara maksimal.
    2. Siswa mulai dari kelas 3 s.d kelas 5 telah diberikan materi TIK, sehingga bila ditinjau dari segi kesiapan siswa, dapat dikategorikan 80 % siap untuk menggunakan aplikasi ulangan online.
    3. Dukungan orang tua terhadap penyelenggaraan ulangan online dalam hal penyediaan alat bagi siswa berupa laptop sangat besar, terbukti saat pelajaran TIK, 80% siswa membawa laptop pribadi.
    4. Hampir 50% guru SDN 1 Sidorejo sudah menguasi TIK, sehingga dapat diberdayakan dalam pembuatan soal onliene.

    Sedangkan manfaat dari pelaksanaan ulangan online adalah :

    1. Hemat biaya, karena tidak memerlukan kertas, dan ulangan online dilaksanakan dengan koneksi Intranet, jadi selain tidak memerlukan biaya untuk koneksi internet, akses ke serverpun berjalan cepat.
    2. Koreksi soal dilaksanakan oleh sistem, sehingga mempermudah pekerjaan guru dalam pengoreksian soal. Setelah siswa melaksanakan ujian, sistem akan memberitahukan hasil ulangan kepada siswa, dan langsung mengirim ke server lokal.
    3. Tampilah soal menarik, karena tampilan gambar berwarna.

    Sebelum dilaksanakan ulangan umum online, dua hari sebelumnya telah dilaksanakan uji coba. Pada uji coba tahap pertama diikuti oleh dau kelas atau sekitar 56 siswa, pada uji coba tahap 1 berjalan lancar tanpa kendala. 

    Sedangkan pada uji coba ke dua, diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 3 sampai dengan kelas 5, atau sekitar 200 siswa. Pada uji coba tahap ini mengalami kendala, yaitu banyak siswa yang tidak bisa terhubung ke wifi. Ternyata permasalahannya adalah pada wifi yang hanya bisa menampung sekitar 60 siswa, akhirnya untuk mengatasi itu dipasar 4 wifi, dengan rincian 1 wifi untuk dua kelas. Walaupun masih terjadi beberapa siswa yang tidak bisa konek, namun secara keseluruhan dapat dikatan ulangan online berhasil 70%. Kedepan sistem ini akan terus dikembangkan hingga mencapai 100% keberhasilan.

    Baca Juga

    0 Komentar

    Belum ada komentar

    Kirim Komentar

    Nama Anda

    Kota

    Email

    Komentar